Sabtu, 05 Mei 2012

percobaan efek zeeman


            efek zeeman adalah suatu peristiwa diamana terpisahnya suatu garis spektral dari suatu atom yang semula satu menjadi tiga yang diakibaykan oleh mdan magnet. Pada percobaan efek Zeeman yang bertujuan mempelajari prinsip terjadinya efek Zeeman dan mengamati efek Zeeman untuk menentukan magnetan Bohr elektron. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini antara lain irish diaphragm, fabry Perot Etalon berlensa convex, analyser, screen dengan sekala micrometer, filter cahaya dan lampu cadnium (Cd). Pada prinsipnya percobaan ini dilakukan pengamatan mengenai spektrum yang tebentuk ketika sebuah atom diberi pengaruh medan magnet. Medan magnet yang diberikan berasal dari sebuah kumparan yang diberikan arus listrik sehingga menghasilkan medan magnet yang besar. Kemudian di antara kumparan tersebut dipasang lampu cadnium sebagai sumber atom. Lampu cadnium (Cd) ditempatkan di antara kutub-kutub elektromagnet. Pada rangkaian ini terdapat interferometer sehigga hasil di layar berupa pola gelap terang yang membentik cincin. Pola cincin ini merupakan hasil interferensi dari atom yang berada pada lampu kadnium (Cd).  Dari percobaan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pola gelap dan terang muncul  ketika dipengaruhi medan magnek pola tersebut akan terpecah dan memilki jari ajri yang berbeda dari data yang diperoleh maka dapat diketahui besarnya magneton bohr pada percobaan ini. Dimana setelah dipengaruhi medan magnet spectrumnya akan pecah sehingga memiliki lebihh dari satu jari-jarinya.
selanjutnya dari percobaan dilakukan dua buah variasi pengambilan data yaitu dengan voltase naik dan voltase turun yang di ambil sebanyak sepuluh buah data untuk masing masing variasi tersebut.sedankan variabel variabel yang di cari adalah, variabel bebasnya adalah arus  yang di berikan.sedangkan varibel yang di cari adalah jari jari dari frinji yang mana jari jari tersebut di bedakan menjadi dua yaitu jari jari dalam dan jari jari luar.yang mana diukr di dalam atu sampai pada sianar gelp terng keempat.dari data tersebut selanjutnya di cari denga perhitungan untuk menetukan nilai dari ∆v/2 dan juga besarnya medan magnet dari arusnya dapat di tentukan nilai dari medan magnet tersebut.kemudian dari dua variabel tersebut dibuat grafik hub antara B dengan ∆v/2 tadi di mana sumbu x adalah variabel bebasnya yaitu yang berhubungan dengan i yaitu medan magnet, sedangkan variabel terikatnya adalah ∆v/2. dari grafik tersebut diapatkan gradien dari persamaan garis tersebut, yang mana dari gradien tersebut dapat dicari nilai magneton bohrnya.yang besarnya adalah 9.273*10^-24 J/T.
dari efek zeeman tersebut dapat diketahui kelemahan dari teori atom bohr, yaitu tidak biasa menjelaskan tentang teori atom bohr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar